Ketrampilan Presentasi – Bagian ke-2

Keterampilan Presentasi 2. Latihan

Pepatah lama ini berlaku hingga sekarang:
“Jika Anda gagal untuk mempersiapkan, Anda siap untuk gagal”

Berlatih presentasi Anda dan itu akan menjadi lebih baik.

Maaf untuk terdengar seperti sedikit cerewet. Ini jelas – melatih – bukan? Tapi mengena, dan justru hal itu pula yangmenjadi salah satu yang mudah kita lupa. Ini mungkin kesalahan yang paling umum dari semua presentasi yang bisa kita lihat.

Anda tidak akan bermimpi akan melihat sandiwara hanya untuk menemukan bahwa mereka tidak benar-benar hapal naskah. Anda tidak akan bermimpi pergi ke konser hanya untuk mendengar band karena mereka tidak sempat untuk berlatih dengan benar. Namun dalam presentasi dan pidato-pidato kita melihat hal ini terjadi sepanjang waktu.

Dampak latihan yang memadai pada audiens
Melatih bisa membuat perbedaan antara presentasi yang baik dan yang rata-rata.

1. Rencanakan untuk berlatih presentasi Anda dengan keras minimal 4 kali.
Kami menyarankan bahwa Anda harus berlatih minimal empat kali, dan jika Anda bisa mendapatkan kata sempurna itu lebih baik. Saya tahu bahwa Anda tidak punya waktu, tapi kami telah melihat begitu banyak presentasi yang telah dikecewakan karena kurangnya latihan.
Pastikan bahwa salah satu latihan Anda adalah di depan penonton yang benar-benar menakutkan – keluarga, teman, mitra, rekan, anak-anak. Mereka akan memberitahu Anda dengan jelas di mana Anda akan salah – serta memberikan dukungan yang Anda butuhkan.

2. Berlatih melawan waktu

Jika Anda harus memberikan presentasi dalam waktu yang singkat, cobalah untuk berlatih presentasi dengan melawan waktu. Hal ini terutama berlaku seperti pada lima menit presentasi. Anda dapat menambahkan di bagian script agar sesuai waktu. Biarkan waktu ekstra dalam presentasi Anda untuk pertanyaan – ini berarti bahwa Anda berbicara cepat pada hari itu.
Dalam presentasi yang sebenarnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan jam atau jam tangan Anda dan meletakkannya di podium. Dengan cara ini Anda dapat melihat bagaimana waktu dapat berjalan.

3. Ambil catatan kecil seperti buku Winston Churchill – menghafal naskah Anda.
Dia secara luas dikaitkan sebagai salah satu pembicara besar. Ini membawanya enam minggu untuk mempersiapkan Pidato Maiden di House of Commons dan ia belajar dengan sempurna.

4. Video atau rekaman kaset sendiri

Sebuah trik yang sangat sederhana yang dapat membantu Anda dengan kinerja Anda adalah dengan merekam video. Ini akan memberikan Anda beberapa umpan balik segera dan akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki kinerja Anda.

Merekam latihan dalam video adalah inti dari banyak perusahaan pelatihan presentasi – jadi mengapa tidak menghemat waktu dan uang dan melakukannya sendiri?

Berlatihlah dan Anda akan mendapatkan ketrampilan yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: